Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RAPORT DAN LEGGER OTOMATIS UNTUK SMA


Salam...!!!
Eehh... Akhirnya bisa posting lagi. Pada kesempatan ini saya ingin share tentang input nilai raport menggunakan MS Excel. Sesuai dengan Permendiknas No 20 tahun 2007, dinyatakan bahwa sekolah dapat merancang sendiri bentuk/format raport. Maka harusnya sekolah telah menggunakan raport yang berbasis IT khususnya penggunaan Aplikasi PAS. Namun masih banyaknya sekolah khususnya sekolah saya tentunya yang menggunakan "Buku raport tulis" membuat saya tertarik untuk acak-acak excel membuat format Raport yang terintegrasi dengan Legger. 
Kemudahan yang bisa diperoleh dari format ini adalah: (1) Setelah input nilai, maka Raport dan legger langsung terbentuk, (2) Menulis nilai Raport langsung dari nilai yang disetorkan guru mata pelajaran bagi saya menyusahkan, maka nilai raport yang terbentuk dapat diprint menjadi acuan untuk menulis raport, (3) Jika kelas membutuhkan perangkingan maka tak perlu dianalisis kembali karena telah terbentuk otomatis pada raport, (4) Karena satu dan lain hal raport kadang belum selesai ditulis (seperti saya yang malas tulis raport) sehingga tidak dibagikan pada hari pembagian raport, maka bisa menjadi solusi sebagai raport sementara yang dibagikan ke siswa.
Akhirnya...Semoga karya sederhana ini bermanfaat khususnya bagi Bapak dan Ibu guru wali kelas SMA dimana saja berada walau saya sangat tidak yakin ini juga bisa digunakan di luar negeri hehehe... Ada banyak program input raport yang bisa kita download dari internet. Namun pembuatnya kadang separuh hati untuk share. Kenapa demikian?, banyak yang susah di download atau setelah di download aplikasi tak bisa digunakan. 
Aplikasi excel sederhana ini saya yakin Bapak dan Ibu dengan mudah bisa gunakan. Dengan sepenuh hati kupersembahkan buat Bapak dan Ibu guru wali kelas, karena "separuh aku dirimu". Jangan lupa doakan  semoga saya tambah gagah...hehehehe....

Download format input raport kelas X, klik di sini >>>--Raport Kelas X
Download format input raport kelas IPA, klik di sini >>>--Rapor Kelas IPA
Download format input raport kelas IPS, klik di sini >>>--Raport Kelas IPS